Catatan Harian Yang Tersimpan

Bismillahirrohmaanirrohiim


5 maret 2010

Setiap permasalahan yang kita hadapi sebenarnya adalah mendewasakan kita, membuat kita lebih kuat dan tumbuh dengan sempurna dimasa mendatang. Permasalahan seharusnya menjadikan kita lebih kreatif dengan menciptakan banyak sekali jalan keluar. Namun terkadang permasalahan mampu membuat kita lupa akan “bagaimana kehidupan ini lebih baik?”.

Permasalahan apapun harusnya kita lalui dengan perasaan tenang dan damai. Berpikir bahwa semua itu membawa kepada kebaikan. Kita usaha semaksimal mungkin dan menyerahkan semuannya kepada Allah.

Pengalaman yang lalu membuktikan bahwa berserah diri sepenuhnya kepada Allah membawa hal yang sangat ajaib dan diluar kebiasaan. Apapun yang kita takutkan jika kita serahkan semuanya kepada Allah maka hal itu akan “baik-baik” saja, bahkan oleh Allah diberikan yang lebih dari yang kita duga.

Allah memang membuktikan janji-Nya dalam Al-Qur’an bahwa orang yang sepenuhnya berserah diri kepada-Nya dalam setiap urusannya akan mendapatkan pertolongan dari Allah dari arah yang tidak disangka dan Allah pasti mencukupinya.

Kehidupan memang penuh dengan liku-liku yang kadang medannya belum kita kenal sama sekali, namun demikian tenanglah…Allah Maha Mengetahui seberapa kemampuan kita menhadapinya. Saya kita itu semua tidak sulit, tinggal menunggu waktu kapan berakhirnya sembari berusaha dan berdoa serta menyerahkan semuanya kepada Allah.



6 maret 2010

Setiap orang dalam setiap level kehidupan selalu dihadapkan dengan masalah yang mesti dihadapi juga menerima kesenangan yang juga selevel dengan kehidupannya sendiri. Kita lebih suka meneliti dan memperbesar masalah yang sedang kita hadapi daripada berpikir tentang nikmat yangsudah diterima. Padahal sebenarnya pada waktu jangka panjang hal tersebut akan sangat berbeda jadinya bagi yang selalu berpikir “tentang nikmat yang sudah diterima” dengan “berpikir tentang nikmat yang belum diterima”.

Rasa kehausan manusia pada kenikmatan memang akan selalu muncul dan tidak akan pernah ada habisnya. Saya tidak habis mengerti kita selalu saja mengikutinya dan teru mengikutinya. Saya piker maka pantaslah islam mengajarkan kita dua hal yang sangat baik : bersyukur dan qonaah. Bersyukur akan mengingatkan kita pada setiap nikmat yang kita terima dari Allah. kita akan berpikir bahwa betapa banyaknya nikmat yang telah kita terima. Memang kenyataanya begitu. Ada ayat yang mengatakan bahwa jika menghitung nikmat Allah maka niscaya kita tidak akan mampu menghitungnya. Qonaah akan membuat kita kita merasa puas dengan semua yang dimiliki, dengan qonaah jiwa kita akan terasa lebih tenang dan bahagia. Kita tidak mungkin terus berusaha mengejar kehidupan ini selamannya. Dunia tidaka aka nada habisnya.


7 maret 2010


Mulailah sesuatu dengan dengan basmallah....




08 MARET 2010

Hanya dengan niat yang tulus dan do’an yang tiada henti, usaha yang maksimal semua akan tercapai. Tetapkan tujuan dan berangkatlah



14 maret 2010

Bersyukur dalam setiap kesempatan merupakan hal yang sulit dilakukan, ini karena kita mengedepankan keinginan kita dan tidak menyadari bahwa semua hal yang terjadi merupakan nikmat Allah.

0 comments:

Post a Comment